Aksi Penyandang Disabilitas Meminta Bantuan Gubernur, Terkait Dana Bansos di Talaud yang Diduga Digelapkan.

Manado, Kabarprima.com – Satu keluarga Penyandang disabilitas asal Kabupaten Talaud melakukan aksi unjuk rasa damai di Kantor Gubernur Sulawesi Utara (SULUT) Senin, (25/9/2023).

Diketahui penyandang disabilitas itu bernama, Pemberian Manumbalang bersama istri Maria Pumpodong serta kedua anaknya yang datang ke Kantor Gubernur SULUT, didampingi Kuasa Hukum Nelson Entimen, S.H untuk mengadukan hak mereka, yaitu Bantuan Sosial  yang dinilai tidak adil dalam penyaluran oleh Pemerintah Kabupaten Talaud.

Dalam tuntutannya, mereka berharap Olly Dondokambey selaku Gubernur Sulawesi Utara membantu dalam memperjuangkan nasib mereka dan melaporkan kasus itu ke Presiden Joko Widodo.

Menurut mereka, Bantuan Sosial untuk penyandang disabilitas tidak pernah mereka terima sampai sekarang.

“Konstitusi berkewajiban melindungi dan menghormati hak penyandang disabilitas. Namun kenyataannya, justru berbanding terbalik,” ungkap Manumbalang

Manumbalang mengatakan bahwa Dinas Sosial Pemkab Talaud pernah dua kali berjanji memberikan Bansos bagi penyandang disabilitas, yang pertama sebesar Rp.500.000.000  kemudian Rp.315.000.000.

Sampai saat ini penyaluran dana belum sampai ke penyandang disabilitas.

“Ada penyelewengan. Kasihan, uang negara untuk penyandang disabilitas seperti kami diambil juga,” tegasnya.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Ferry Sangian, menerima aspirasi penyandang disabilitas itu dan berdialog.

Ferry Sangian menegaskan, Pemprov SULUT lewat kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, sangat menjunjung tinggi kepedulian kepada kaum disabilitas, karena ada didalam Perda Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas.

“Ini adalah tragedi kemanusian yang menimpa penyandang disabilitas, khususnya di Talaud. Kami akan melaporkan ini ke Pak Gubernur, bahkan sampai ke Komnas HAM RI. Hal ini tidak bisa dibiarkan,” tegasnya.

Ia bahkan berulang kali berjanji untuk menyampaikan hal kemanusian tersebut.

“Saya pastikan akan menyampaikan ini kepada gubernur untuk diteruskan kepada presiden. Terima kasih sudah menyampaikan informasi penting ini,” ujar Ferry.

Usai di Kantor Gubernur, Manumbalang dan keluarganya bertolak ke Kejati SULUT, untuk menyampaikan aspirasi yang sama.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer