Polda SULUT Resmikan Laboratorium Forensik Dengan Peralatan Canggih

Manado, Kabarprima.com – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto, resmikan Gedung Laboratorium Forensik Polda SULUT, Selasa (3/10/2023).

Peresmian tersebut dihadiri Kepala Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol Haris Aksara dan dihadiri Forkopimda Provinsi SULUT dan Kota Manado.

“Tujuannya adalah untuk mempercepat dan mempermudah pegang kendali yang ada selama ini, maka kami dirikan gedung Bid Labfor Polda SULUT yang mencover tiga Polda. Yakni Polda Maluku Utara, Polda Gorontalo dan Polda SULUT sendiri,” kata Kapuslabdor Bareskrim Polri Brigjen Pol Haris Aksara, Selasa (3/10/2023).

Dikatakan Brigjen Pol Haris, dengan adanya labfor Polda SULUT, akan mempermudah dan mempercepat penyelidikan kasus-kasus yang membutuhkan analisis forensik.

“Jika sebelumnya terkendala jarak karena harus ke Labfor Makassar, kink bisa lebih cepat,” ujar Haris.

“Peralatan sudah terstandarisasi dengan personil yang bersertifikasi dan metode yang tervalidasi,” jelas Kombes Pol Haris.

Terkait peralatan Haris menjelaskan sudah terstandarisasi ISO 17025, dan sudah sama dengan Labfor di Polda Sulawesi Selatan.

“Sumber daya manusia (SDM) yang kompeten kita ambil dari Mabes Polri,” tandasnya.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan ini satu kelengkapan yang kini dimiliki Polda SULUT.

“Fasilitasnya sudah lengkap, ada lima bidang yang sudah siap melakukan kegiatan pemeriksaan,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Menurut Kapolda Setyo, untuk anggota yang akan bertugas di Labfor, sebelumnya sudah mengikuti pelatihan di Bid Labfor Mabes Polri.

“Meskipun baru, saya berharap kemampuan para staf yang ditugaskan bisa menyesuaikan dengan yang ada di Jakarta. Saya juga sudah meminta kepada Kapuslabfor dan Kabid Labfor Makassar untuk tetap mengarahkan mereka,” tandasnya

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer