Polresta Manado Tangkap Pelaku Pengedar Uang Palsu. Masyarakat Dihimbau Waspada Jelang Natal Dan Tahun Baru.

Manado, Kabarprima.com – Tim ALPHA Resmob On The Road Polresta Manado berhasil mengamankan terduga pelaku pengedar uang palsu dengan inisial GID. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan informasi dari warga yang mencurigai aktivitas pelaku. Kejadian ini berlangsung di Jl. Arie Lasut, Kel. Singkil Dua, Kec. Singkil, Kota Manado, Kamis (16/11/2023).

Dirangkum berdasarkan keterangan pihak kepolisian juga keterangan saksi bernama Ramli Huntua, pelaku datang untuk melakukan transfer uang di mini ATM sejumlah Rp 350.000. Namun saksi merasa curiga karena warna uang yang diberikan berbeda dengan uang kertas asli. Saksi memastikan bahwa uang tersebut palsu dan memanggil saksi lain, bernama Glen Sumesei, untuk melihat keaslian uang.

Dengan kepastian bahwa uang tersebut palsu, saksi melaporkan kejadian ini kepada polisi. Pelaku GID, yang awalnya menolak memberikan identitas dan membuka masker, akhirnya ditahan oleh saksi hingga kedatangan polisi.

Kasi Humas Ipda Agus Haryono, ketika dikonfirmasi, Jumat (17/11/2023) membenarkan adanya kasus ini. Ipda Agus menjelaskan dalam pengembangan kasus, tim berhasil menemukan bukti baru di kediaman pelaku di Desa Jayakarsa, Kecamatan Likupang Barat.

“Barang bukti berupa hasil fotocopy uang yang rusak, printer merek Canon Pixma 2010, kertas Hvs F4, dan alat-alat lainnya seperti gunting dan pisau cutter turut diamankan,” ungkapnya.

Pelaku GID, mengakui bahwa uang palsu tersebut dibuatnya sendiri semalam menggunakan printer. Tim kemudian membawa pelaku beserta barang bukti ke Polresta Manado untuk proses hukum lebih lanjut.

“Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 2 lembar uang palsu pecahan 100.000, 3 lembar uang palsu pecahan 50.000, printer Canon Pixma 2010, kertas Hvs F4, kertas fotocopy pecahan 100.000 dan 50.000 yang rusak, 1 buah gunting, dan 1 buah pisau cutter,” jelas Ipda Agus.

Kasi Humas menghimbau agar masyarakat mewaspadai peredaran uang palsu jelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

“Kami menghimbau jika menemukan adanya peredaran uang palsu atau oknum yang mencurigakan, langsung saja dilaporkan ke pihak kepolisian terdekat,” tuturnya.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer