Kemenkes RI Mengunjungi Langsung Tempat Imunisasi HPV Nasional di Minahasa

Manado, Kabarprima.com – Rabu, (9/8/2023), penyelenggaraan vaksin Human Papiloma Virus (HPV) secara nasional di lakukan di SD Negeri 8 Tondano. Menteri Kesehatan (Menkes) RI dalam hal ini diwakilkan oleh Dirjen P2P Kemenkes RI dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, bersama Bupati Minahasa Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, DPR RI Komisi IX Felly Runtuwene dan Forkopimda Minahasa meninjau langsung lokasi pelaksanaan vaksin.

 

Menurut Maxi, imunisasi vaksin Human Papilona Virus (HPV) dilakukan guna mencegah kanker serviks sejak dini. 

 

“Imunisasi HPV dikhususkan pada  anak perempuan usia 11 dan 12 tahun, atau anak SD kelas V, guna mencegah kanker serviks di usia dewasa nanti”. Ungkap Maxi. 

 

Diketahui bahwa Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu daerah yang dipilih Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) sebagai daerah percontohan dalam memberikan vaksin HPV untuk anak perempuan usia 11-12 tahun.

 

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke O. Dondokambey, M.Si mengungkapkan “Pemerintah bersama masyarakat minahasa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenkes RI yang memilih Kab. Minahasa sebagai daerah percontohan vaksin HPV ini”. Ungkap Royke 

 

Selain itu Felly Runtuwene Ketua Komisi IX DPR RI mengungkapkan bahwa Komisi IX sebagai alat kelengkapan yang membidangi Kesehatan sangat serius dalam pencegahan Kanker Serviks.

 

“Kami terus mendorong percepatan vaksin HPV agar dilakukan secara nasional, terutama untuk anak sejak kelas 5 dan 6,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Felly mengatakan “saat ini Kanker Serviks menjadi pembunuh nomor 2 bagi perempuan, setelah kanker payudara. Data yang kita himpun  di Indonesia mencapai jumlah 21.000 perempuan meninggal dunia akibat kanker serviks. Untuk itu kita bergendengan tangan mencegah sejak usia dini dengan partisipasi aktif dalam kegiatan pemerintah lewat Vaksin HPV ini.” Tutup Felly.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer