Kebakaran Perkebunan di Bitung Senin Kemarin, Masih Menjadi Misteri

Bitung, Kabarprima.com – Kebakaran perkebunan di kelurahan Batupitih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara yang terjadi Senin kemarin, masih menjadi perbincangan publik terkait sebab-akibat dari kebakaran tersebut.

Kapolsek Ranowulu, Iptu Andry Salmon menyatakan sementara melakukan penyelidikan penyebab kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya.

Penyelidikan itu dilakukan untuk memastikan apakah penyebab kebakaran hutan dan lahan karena faktor alam atau ada unsur kesengajaan.

“Ini perintah pimpinan. Beliau mengintruksikan untuk lidik jangan sampai ada yang sengaja melakukan pembakaran rumput dan saat pulang tidak dimatikan,” kata Andry, Selasa (5/9/2023).

Andry juga menyatakan, sudah ada 9 kejadian Karhutla di wilayahnya, termasuk kejadian di wilayah perkebunan Srawet Kelurahan Batuputih Bawah Lingkungan 1 RT 2 Kecamatan Ranowulu.

“Kami masih sementara mengumpulkan informasi terkait sumber api dari mana dengan meminta keterangan dari saksi,” katanya.

Selain lidik, Kapolsek juga mengaku telah melakukan upaya pencegahan Karhutla, seperti melakukan patroli dan pemantauan wilayah yang rentan terjadi kebakaran.

Juga himbauan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran rumput di kebun atau di halaman rumah serta sosialisasi di medsos dan himbauan melalui grup para lurah, ketua lingkungan, dan ketua  RT.

“Kami juga meminta kepada mastarakat agar segera melaporkan secepatnya kepada pihak kepolisian,ketua lingkungan,ketua RT, dan BPBD apabila ada kebakaran, untuk dilakukan sekat api, mengantisipasi agar api tidak meluas”, katanya.

Tidak hanya itu, Andry juga mengaku telah mengarahkan seluruh Babinkamtibmas di masing-masing kelurahan untuk kordinasi lurah dan himbauan kepada masyarakat antisipasi Karhutla.

“Apalagi dengan kondisi cuaca kemarau yang rentan kebakaran,” katanya.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer