Puluhan Karyawan PT Samudara Ulam Nusantara Bitung Mengalami Keracunan Gas

Bitung, Kabarprima.com – Kasus Viral di media sosial 9 September kemarin terkait puluhan karyawan PT Samudera Ulam Nusantara, di Kota Bitung Sulawesi Utara (SULUT) dilarikan ke rumah sakit terdekat akibat tiba-tiba merasa lemas dan pusing.

Kejadian itu diduga karena 42 karyawan perempuan mengalami keracunan,yang langsung segera mendapat penanganan medis di beberapa rumah sakit.

Untuk memastikan sebab-akibat dari persoalan tersebut, wartawan Kabarprima.com mengonfirmasi hal itu kepada pihak Polres Bitung untuk diketahui lebih jelas.

Saat dihubungi lewat Whatshaap, Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Masyarakat Polres Bitung Inspektur Dua Iwan Setia Budi, Minggu (10/9/2023) malam, mengatakan “adanya dugaan keracunan gas yang terjadi pada Sabtu (9/9) siang di pabrik PT Samudera Ulam Nusantara di bagian Sagerat sekitar pukul 11.33 Wita yang mengakibatkan para karyawan yang semuanya perempuan merasa pusing, mual, dan lemas,” ungkap Iwan.

Selain itu Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa SIK saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya sementara melakukan proses penyelidikan terkait dengan kejadian tersebut.

Kapolres pun menjelaskan tim KBR sudah melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan menguji apakah ada zat atau udara yang tercemar di PT Samudra Ulam Nusantara.

“Untuk sementara, hasil menurut keterangan dari tim KBR, ada indikasi karbon monoksida (CO) yang bocor. Dan kebocorannya seperti apa lalu bagaimana, masih menunggu dari tim,” katanya.

Tommy juga menyatakan, hasil dari tim Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) sebenarnya sudah ada. Tinggal menunggu beberapa administrasi yang harus dilengkapi,dan  Pak Kapolda Sulut akan turun langsung bersama tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulut mengunjungi TKP besok.

“Nantinya Senin besok pak Kapolda dan tim Labfor akan berkunjung di tempat kejadian perkara demi kepentingan penyelidikan lebih lanjut,” tegasnya.

Selain itu, para awak media mencoba menghubingi pihak PT. Samudera Ulam Nusantara untuk dimintai keterangan, namun pihak tersebut tak merespon terkait dengan peristiwa yang terjadi.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer