Bitung Telah Kondusif. Wali Kota Bitung Mengimbau “Stop Sebarkan Berita Hoaks dan Provokatif”.

Bitung, Kabarprima.com – Situasi terkini Kota Bitung telah Kondusif. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri terkait situasi dan perkembangan terkini Kota Bitung, Sulawesi Utara, pasca ketegangan dua kelompok, Sabtu (25/11/2023) malam.

Pemerintah bersama semua stake holder seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, dan unsur TNI Polri telah menyelesaikan selisih paham.

Sebelumnya, Kota Bitung mendadak ramai dibicarakan karena ketegangan antara dua kelompok, Sabtu (25/11/2023). Namun pemerintah, TNI, dan Polri langsung bergerak untuk meredakan situasi.

Kini situasi sudah kondusif. Namun petugas masih melakukan pengamanan di beberapa titik. Semua dilakukan untuk mencegah kasus tersebut melebar. Bahkan Polda SULUT juga menyebarkan imbauan “Stop! Hentikan penyebaran video atau gambar Pertikaian di Kota Bitung”. Imbauan tersebut disebar oleh Manguni Cyber Troops, Manguni Cyber SULUT, dan Polda SULUT.

Pemerintah mengimbau agar masyarakat menyerahkan semuanya kepada pihak yang berwajib agar tidak terpancing dengan berita hoaks.

Redaksi Kabarprima.com juga mengimbau hal yang sama, agar kita tercipta kedamaian dan keamanan di Sulawesi Utara.

Torang Samua Basudara.

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menyampaikan situasi dan perkembangan terkini Kota Bitung, pasca ketegangan dua kelompok, Sabtu (25/11/2023) malam.

“Saat ini sekitar pukul 20.00 WITA, pusat Kota Bitung dalam keadaan kondusif dan aman terkendali,” kata Maurits Mantiri dalam siaran pers, Sabtu malam.

Untuk itu atas nama pemerintah, ia mengimbau agar seluruh masyarakat Kota Bitung untuk bersama-sama menjaga  situasi dan kondisi tetap kondusif.  

Pemerintah bersama semua stake holder seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, dan unsur TNI Polri sudah bersama-sama menyaksikan sendiri terkait penandatanganan perdamaian Tokoh Agama pasca ketegangan dua kelompok di Bitung.

Kesepakatan damai tersebut, dilakukan di GOR Manembo-nembo Kecamatan Matuari Bitung, Minggu (26/11/2023) pukul 00.05 WITA.

Kesepakatan damai, dibaca oleh tokoh Agama Kristen Pdt.Reymond Manoppo yang merupakan ketua FKUB Bitung bersama tokoh Agama Islam, Habib Abdullah Bin Amirulhaj.

Kesepakatan menerangkan, bahwa tokoh Agama yang tergabung dalam FKUB dan BKSAUA Kota Bitung , menyatakan:

1. Kota Bitung dalam keadaan aman dan damai.

2. Menanggkal berita Hoax dan berita yang memprovokasi.

3. Masyarakat Adat Minahasa dan BSM, bersatu padu dan menyatakan tidak ada lagi konflik serta mengedapankan kedamaian di atas segala-galanya.

Demikian berita acara kesepakatan ini di buat untuk dipergunakan.

Kesepakatan Damai tersebut, juga di tanda tangani oleh kelompok yang sempat terlibat ketegangan.

Wali Kota mengajak semua pihak bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak.

Pemerintah mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, saling menegur, saling mendamaikan agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang menginginkan perpecahan di Kota tercinta.

“Jika ada hal-hal yang menonjol segera laporkan kepada aparat pemerintah, TNI dan Polri  terdekat atau hubungi Call Center 112  (gratis),” ucapnya.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer