BPS Sulawesi Utara Sebut Sektor Pertanian Masih Menjanjikan. Ini Tanggapan Asim Saputra.

Manado, Kabarprima.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara menggelar Rapat Koordinasi Daerah Diseminasi Data ST2023 Provinsi Sulut.

Acara digelar di Hotel The Sentra Manado, Minahasa Utara, Kamis (7/12/2023).

Dalam Rakorda ini, BPS SULUT juga menjabarkan hasil sensus pertanian tahap pertama yang sudah digelar pada Juni-Juli 2023.

“Kami berharap data sensus pertanian 2023 bisa mewarnai rencana pembangunan pertanian di Sulawesi Utara di masa depan,” ucap Asim Saputra.

Pasalnya, pertanian masih menjadi sektor unggulan SULUT. Sektor pertanian terbukti bisa menjadi tulang punggung perekonomian SULUT di masa pandemi COVID-19.

Sejauh ini, BPS SULUT mencatat nilai tukar pertanian lebih dari 110 per bulan.

“Artinya setiap pendapatan yang diterima petani, masih lebih tinggi daripada biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan produksi maupun konsumsi rumah tangga,” terang Asim.

Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin SULUT turut berkontribusi dalam perekonomian Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Asim menyebut, jika IKN sudah terwujud sumber bahan pokok mereka salah satunya akan bergantung dengan SULUT.

Selain itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) SULUT, Syaloom Korompis, mengatakan bahwa pertanian merupakan salah satu penyumbang besar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Jika dicermati distribusi PDRB Sulawesi Utara kita tahu bahwa pertanian, kehutanan, dan perikanan berkontribusi paling besar yaitu sekitar 20,55 persen pada Triwulan III 2023,” ujar Syaloom.

Selain itu per Agustus 2023,  22,82 persen penduduk SULUT sendiri bekerja di sektor pertanian.

Data sensus pertanian 2023 BPS SULUT nantinya akan digunakan oleh Pemprov SULUT sebagai bahan evaluasi dan dasar pengambilan kebijakan selanjutnya.

Apalagi saat ini, Pemprov SULUT tengah menyusun rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2025-2050.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer