Kenali Sosok Penjabat Bupati Minahasa yang Baru.

Tondano, Kabarprima.com – Banyak masyarakat Minahasa yang bertanya-tanya dan ingin mengetahui  sepak terjang dari Penjabat Bupati Minahasa yang baru saja dilantik.

Dari hasil telusuran Kabarprima.com, sosok Penjabat Bupati Minahasa tersebut adalah Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si. Pria kelahiran Kakas, 12 Juni 1970 itu merupakan lulusan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN).

Dr.Jemmy dikenal sebagai seorang birokrat handal dijajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara.  

Di lingkungan Pemprov SULUT, dia sudah banyak makan asam garam. Sejumlah jabatan strategis berhasil dipimpinnya. Awal karirnya di eselon II dimulai pada tahun 2014 sebagai Kepala Biro Sumber Daya Alam Setdaprov SULUT.

Ia dipromosi dari eselon III dengan jabatan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) di Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov SULUT. Di era Gubernur S.H Sarundajang itu, Jemmy kembali dipromosi dari Biro SDA ke Biro Pemerintahan dan Humas.

Jabatan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas inilah memperlihatkan dedikasi, loyalitas, integritas serta kualitas seorang Jemmy Kumendong diuji. Setidaknya, kurang lebih tujuh tahun, ia menjabat Kepala Biro Pemerintahan dan Humas.

Bahkan, diawal kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw , biro yang dipimpinnya berkali-kali berganti nama. Suami tercinta Djeneke Onibala itu tetap sabar. Ia tetap loyal dan total bekerja. Ia terus berinovasi dan yakin bisa melewati ujian itu.  

Pada tanggal 26 November 2021, pemerintahan ODSK melakukan penyegaran organisasi. Gubernur Olly dan Wagub Steven memasukan nama Jemmy Kumendong dalam rolling jabatan dan ia dipromosi ke eselon II A.

Jemmy langsung dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Daerah Provinsi SULUT. Tugas itu dikerjakan dengan baik. Hanya butuh satu tahun lebih di Dinas PMD, ia kembali dipromosi.

Tepatnya pada tanggal 26 Juli 2023, Gubernur Olly Dondokambey kembali mempercayainya memimpin Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi SULUT. Tugas itupun dikerjakan dengan penuh tanggungjawab dan profesional.

Berkat kesabaran, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, karirnya terus melejit. Cukup dua bulan di BKD, Dr Jemmy Stani Kumendong, M.Si, bersama beberapa nama lainnya diusul dan diseleksi di Kementerian Dalam Negeri untuk memegang jabatan sebagai Penjabat Bupati Minahasa.

Hari ini, Senin 25 September 2023 pukul 09.30 WITA, di Aula Mapalus kantor Gubernur SULUT,  Doktor lulusan Universitas Brawijaya Malang ini diambil sumpah jabatan. Ia dilantik oleh Gubernur Olly Dondokambey berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk menjalankan tugas sebagai Penjabat Bupati Minahasa bersama tiga Kepala Daerah lainnya.  

Jemmy Kumendong mengantikan Royke Octavian Roring yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Bupati definitif dari hasil Pemilihan Kepala Daerah pada 2019 lalu.

Dr Jemmy juga di kenal di Pemprov SULUT sebagai pencipta aplikasi e-LPPD, Pada tahun 2018.

Proyek inovasi ini hasil pemikiran dan kepercayaan yang diberikan pimpinan kepadanya. Sebagai PNS, ia dituntut untuk bekerja dan bergerak cepat bersama Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Faktanya, pembangunan di SULUT yang berkembang pesat di periode pertama kepemimpinan Olly-Steven menjadi alasannya cerdas berinovasi.

Karyanya itu ia paparkan pada saat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM) II Angkatan XII tahun 2018 di Sanur, Provinsi Bali. Hasilnya, karya itu diakui di tingkat nasional. Kumendong dinobatkan sebagai ASN berprestasi dan mendapat predikat sangat memuaskan dalam Diklat tersebut.

e-LPPD merupakan proyek inovasi bertujuan untuk mempermudah ASN dalam pengisian data LPPD yang selama ini dilakukan secara manual, mengurangi deviasi dalam penyusunan LPPD yang disebabkan human error.  

e-LPPD juga membantu pimpinan dalam menjalankan fungsi kontrol atas kinerja perangkat daerah melalui statistik kinerja yang ditampilkan dalam aplikasi.

Di satu kesempatan, Kumendong pernah mengatakan bahwa rancangan proyek perubahan ini bisa berhasil berkat kerja keras bersama, dan dukungan semua pihak. Termasuk rekan kerja para jurnalis lewat publikasi sehingga e-LPPD dikenal oleh stakeholder terkait.

Kita semua berharap, proyek inovasi ini dapat bekerja dalam waktu yang panjang. Apalagi e-LPPD ini sangat berguna dalam membawa perubahan terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang semakin hebat kedepan.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer