Presiden Republik Indonesia Memimpin Upacara HUT ke-78 TNI di Monas

Jakarta, Kabarprima.com – Presiden RI menjadi pemimpin upacara yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta,Kamis, 5 Oktober 2023.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sekitar pukul 07.24 WIB, upacara dimulai dengan kegiatan peniupan terompet. Selain itu, upacara utama untuk memperingati Hari Ulang Tahun TNI berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 08.36 WIB.

Upacara dimulai dengan memberikan penghormatan kepada inspektur upacara, yang dipimpin oleh komandan upacara. Presiden kemudian menyampaikan amanat kepada seluruh peserta upacara. Dalam amanatnya, Kepala Negara memuji seluruh anggota TNI atas kerja keras dan profesionalisme mereka dalam menjaga negara.

“Pertama-tama atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 kepada Tentara Nasional Indonesia di mana pun saudara-saudara bertugas. Terima kasih atas dedikasi, atas keberanian, profesionalisme, dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, yang menjadi kekuatan pelindung rakyat, yang menjadi perisai penjaga NKRI, perisai penjaga Pancasila, perisai penjaga Undang-Undang Dasar 1945,” ucap Presiden Jokowi.

Setelah upacara selesai, TNI melakukan atraksi udara. Sejumlah 78 anggota TNI melakukan aksi terjun payung di Monas dan menyerahkan bunga kepada Ibu Negara.

Perayaan HUT ke-78 TNI selanjutnya dilanjutkan dengan atraksi flypast. Sejumlah helikopter dari tiga matra TNI mengibarkan bendera kebanggaan Merah Putih raksasa di langit Monas dan Istana Kepresidenan.

Selain itu, jet-jet tempur TNI juga melintasi langit istana. Beberapa pesawat yang diterjunkan dalam atraksi ini adalah CN 235/295 TNI AU dan TNI AL, C 130 J/H/HS/L- 100, dan T50i.

Dalam acara HUT ke-78 TNI tersebut, tampak terlihat juga para pimpinan lembaga tinggi negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan para Duta Besar negara sahabat.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer