Panglima TNI Meriahkan HUT TNI di MONAS dengan Mempertunjukkan 125 Unit Alutsista.

Jakarta, Kabarprima.com – Kendaraan perang milik TNI dipamerkan di MONAS untuk memeriahkan HUT TNI Ke-78. Masyarakat dapat dengan bebas berfoto dengan mobil tempur tersebut.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 TNI, 125 unit alat utama senjata (alutsista) dari tiga matra TNI (AL, AU, dan AD) dipamerkan di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Pameran ini dimulai dari tanggal 22-23 September 2023 dan akan berlanjut selama 12 hari hingga puncak HUT TNI pada bulan Oktober mendatang.

Dengan menekan tombol sirene peresmian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membuka acara tersebut. “Selamat pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semuanya. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini pameran alutsista TNI resmi dibuka,” ucap Yudo.

 

Pameran alutsista TNI yang sedang berlangsung di MONAS tersedia gratis untuk publik. “Sebelumnya, kami laksanakan pameran alutsista serta bakti sosial. Masyarakat dapat hadir melihat, sangat dipersilahkan masyarakat berduyun-duyun melihat hiburan dan pameran alutsista HUT Ke-78 TNI,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Alutsista yang ditunjukkan berasal dari Mabes POLRI 5 unit, TNI AD 45 unit, TNI AL 45 unit, dan TNI AU 30 unit.

Di halaman MONAS, ribuan orang terlihat berswafoto di depan puluhan mobil tempur dari berbagai jenis model lainnya.  Orang-orang yang hadir dapat menaiki mobil perang tersebut. Prajurit TNI yang berjaga dengan senang hati memberi izin kepada masyarakat untuk bisa menikmati sensasi menaiki kendaraan perang tersebut.

Selain menampilkan pameran alutsista, HUT Ke-78 TNI juga dimeriahkan dengan lomba lari Panglima TNI Run, yang diikuti oleh 10 ribu peserta dalam kategori lari 5K, 10K, dan 21K. Pada hari yang sama juga diadakan senam SKJ 88, yang diikuti oleh satuan jajaran TNI dan POLRI, serta jalan sehat.

Ada pula acara sosial kesehatan, yaitu kegiatan donor darah sebanyak 78 ribu pasien dari seluruh wilayah, khitanan sebanyak 2.700 pasien, operasi katarak sebanyak 776 pasien, perawatan umum sebanyak 78.700 pasien, dan perawatan gigi 6.250 pasien.

“Bakti kesehatan dan donor darah serta hiburan untuk masyarakat hari ini sampai tanggal 27 saya nyatakan resmi dibuka,” ujar Panglima TNI.

Upacara militer, demonstrasi pesawat, dan Free Fall oleh 78 personel akan dilakukan pada acara puncak HUT Ke-78 TNI pada tanggal 5 Oktober 2023. Tidak hanya upacara, pasukan berkuda dan drumband taruna akademi juga akan melakukan pawai dari MONAS hingga Bundaran HI. Selain itu, sebanyak 55 ribu paket sembako juga akan dibagikan oleh TNI untuk masyarakat.

Berita Pilihan

Berita Terbaru

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMG_3438

Video

Video

Netizen

Populer